Sunday, 16 October 2016

cara pasang oil cooler pada motor anda

 Bore-up, jadi satu diantara opsi ampuh beberapa skutiker kepada mendongkrak kinerja. Argumen mereka beberapa macam, deh. Biasanya sih, agar enak digunakan harian. Maka dari itu pembengkakan kinerja besutan 130, 150, 200 malahan 300 cc. Busyeeet.. mo ke mana Bang?

Jadi tidak aneh apa bila hal itu pula menyebabkan resikonya. Satu diantara yang dapat dirasa merupakan panas mesin yang sangat tetras akibat pembakaran serta kompresi ruangan bakar yang bertambah tadi.
Image result for cara pasang oil cooler di motor
"Motor telah dibore-up berapapun, tentu mesinnya unggul cepat panas di banding keadaan biasa saja. Tetapi hal semacam itu dapat diatasi oleh beragam macam-macam langkah. Satu diantaranya, pemasangan oil cooler (OC), " ungkap Joddy Ario, juragan Joddy Motor (JDM) di Jaktim.

Maksud pemasangan OC itu telah terang, kepada mendinginkan oli mesin besutan hasil aliran didalam bak mesin ataupun bak kopling. Maka kemampuannya masih sama optimal melumasi bagian dalam kinerja. Nah, perangkat ini dapat dipasang selanjutnya skutik merk apa pun yang telah dibore-up.

"Kalau kekentalannya terbangun, gesekan antar part tak sangat besar. Maka usia gunakan onderdil dapat tahan unggul lama, " timpal Nazar, empunya Nazar Motor (NM) di Jl. Kebagusan Raya II No. 22, Jaksel.

Tetap tutur Nazar. "Peranti penambahan ini pula berperan kepada menghadapi overheating serta piston ngadat. Terlebih waktu motor di ajak meniti perjalanan jauh atau kecepatan tetras diatas 100 km/jam. "

Perangkat yang harus ditebus kepada gunakan OC pula tak sangat banyak dan tidak kuras dompet lo. Bergantung merk perangkat yang dipakai. Perangkat intinya merupakan oil cooler, slang cooler serta baut nipel.

Oil Cooler

Wadah yang berperan mendinginkan oli mesin yang masuk melalui jalur/kisi-kisi selanjutnya cooler oleh pertolongan hawa luar besutan arah muka ataupun sekitarnya, maka oli tak cepat encer serta kekentalannya stabil.

"Kalau ingin keren, dapat gunakan OC bawaan Suzuki Satria FU, elegan anyar atau yang sisa. Pasalnya perangkat ini asli bawaan pabrik serta mutunya terjamin, " anjur Daeng Maming, penggawang Gomex's Modification.
Slang Cooler

Walau berbahan berbagai macam, perangkat ini bertugas melanjutkan aliran oli mesin besutan bak mesin ke OC atau demikian sebaliknya. Maka aliran oli masih sama lancar, elegan yang tetap panas maupun yang telah didinginkan.

"Sebaiknya pakai slang yang sangat baik keren antipanas, yang di dalamnya ada kawat melingkar atau serabut kawat maka tak gampang pecah/rusak, " tambah Juffry Willar, research & development Mitra2000.

Baut Nipel

Baut ini tidak sama oleh baut-baut selanjutnya biasanya, pasalnya terkecuali ada ulir, di sektor tengahnya terdapat lubang kepada jalur oli. Maka terkecuali berperan yang menjadi perapat, pula cikal bakal jalur aliran oli.

"Saat pemasangan, O-ring warna kuning (memiliki bahan kuningan) jangan pernah ketinggal, karenanya bermanfaat yang menjadi perapat serta menahan oli supaya tak gampang rembes, " tambah Juffry.

Nah untuk skutiker yang merencanakan aplikasi OC selanjutnya tunggangan kesayangannya.

Adem benerrr….!

No comments:

Post a Comment